0 komentar 133 dilihat

Rebranding Kawasan Berikat, Bea Cukai Dorong Ekspor

Video Details

Kanal BC TV
Added by Kanal BC TV 28 November 2018

Bea Cukai menyelenggarkan acara diseminasi di Kantor Pusat Bea Cukai 27 November 2018 dan dihadiri para Pengusaha Kawasan Berikat,  Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, dalam menyatakan bahwa melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 131 dan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-19 tentang Kawasan Berikat, DJBC bermaksud untuk melakukan rebranding terhadap Kawasan Berikat, di antaranya adalah:

a. Memangkas proses perizinan menjadi lebih cepat, dari semula 15 hari kerja di Kantor Pabean dan 10 hari kerja di Kantor Pusat DJBC menjadi 3 hari kerja di Kantor Pabean dan 1 jam di Kantor Wilayah.

b. Jumlah perizinan transaksional, dari 45 perizinan dipangkas menjadi 3 perizinan secara elektronik.

c. Masa berlaku izin Kawasan Berikat berlaku secara terus-menerus sampai dengan izin Kawasan Berikat tersebut dicabut sehingga tidak perlu mengajukan perpanjangan izin.

d. Kemudahan subkontrak berupa ekspor langsung dari penerima subkontrak.

e. Penerapan prinsip One Size Doesn’t Fit All, yaitu pemberian fasilitas fiskal dan prosedural yang berbeda-beda untuk masing-masing jenis industri

f. Sinergi pelayanan antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan Direktorat Jenderal Pajak.

g. Layanan Mandiri bagi Kawasan Berikat yang memenuhi persyaratan.

Diharapkan dengan adanya rebranding Kawasan Berikat, akan menarik investor untuk menanamkan investasinya di Indonesia melalui Kawasan Berikat yang pada akhirnya meningkatkan ekspor.

0 komentar

Tulis Komentar

Data anda akan dirahasiakan!

Email dan data anda untuk keperluan bank data. Kerahasiaan data anda dijamin dan tidak akan dipublikasikan.
Kolom wajib diisi *