0 komentar 88 dilihat

Sharing Session Implementasi PUG di Lingkungan Kemenkeu

Video Details

Kanal BC TV
Added by Kanal BC TV 07 September 2018

Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dibutuhkan dalam upaya peningkatan optimalisasi kinerja setiap organisasi, begitu pula dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Berkaitan dengan hal tersebut, Pada Jumat 7 September 2018, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menggelar Sharing Session implementasi Pengarusutamaan Gender di lingkungan Kementerian Keuangan yang bertempat di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.Sharing session ini menghadirkan seorang expert gender Yulfita Rahardjo dan Suroso Kabag Perencanaan Keuangan, biro perencanaan Setjen sebagai narasumber.

Dalam sharing session tersebut dijelaskan bahwa PUG berbeda dengan emansipasi. PUG merupakan upaya yang dilakukan dalam mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui persamaan akses, partisipasi dan manfaatnya terhadap organisasi. 

Dalam pelaksanaannya peran pimpinan menjadi kunci utama untuk mencapai kesetaraan melalui upaya yang terus menerus dilakukan dengan menjaga keberlangsungannya sebagai suatu kebutuhan dan bisa dijadikan dasar pembuatan kebijakan operasional.

Selama ini DJBC dinilai sudah responsif gender dalam setiap kegiatan maupun pembuatan peraturan tetapi belum mengadministrasikannya. Implementasi PUG sebaiknya juga bukan hanya dalam bentuk tim, melainkan perlu dilembagakan secara melekat pada DJBC. Selain itu, materi PUG perlu dimasukkan dalam setiap substansi diklat, juga mencari upaya benefit optimalisasi kinerja dengan mengasah kepekaan isu gender bukan hanya sebagai kebutuhan perempuan melainkan yang paling penting adalah peningkatan kinerja organisasi.

0 komentar

Tulis Komentar

Data anda akan dirahasiakan!

Email dan data anda untuk keperluan bank data. Kerahasiaan data anda dijamin dan tidak akan dipublikasikan.
Kolom wajib diisi *