1 komentar 88 dilihat

Sinergi Bea Cukai-BNN Gagalkan Peredaran Narkoba Dumai

Video Details

Kanal BC TV
Added by Kanal BC TV 21 Mei 2019

Sinergi Bea Cukai bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika berupa 52 kg sabu dan tiga jenis ekstasi berjumlah 23.000 butir. Konferensi Pers diselenggarakan pada Selasa, 21 Mei 2019 di Kantor BNN, Cawang mengungkap barang bukti berupa 639 kg ganja, 252,4kg sabu, 73.029 butir ekstasi, 10.000 happy five, dan 9.900 PMMA serta 15 orang tersangka yang diperoleh dari 7 Tempat Kejadian Perkara. Setidaknya lebih dari 1,7 juta orang terselamatkan dari bahaya penyalahgunaan narkoba.


Kepala BNN, Komjen Pol Heru Winarko, mengungkapkan kronologi penindakan yang telah dilakukan petugas gabungan Bea Cukai dan BNN berawal dari informasi yang diperoleh bahwa akan ada transaksi narkotika pada Jumat, 18 Mei 2019 di dua tempat terpisah di wilayah Dumai, Riau. Petugas gabungan kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan. Petugas mendapati bahwa sabu dan ekstasi tersebut akan diserahterimakan ke tiga orang pelaku yang bergerak menggunakan mobil. Setelah dilakukan penyidikan lebih lanjut, ternyata target sudah melakukan serah terima sabu dan telah dibawa di dalam mobil. Aksi kejar-kejaran antara petugas gabungan dan para pelaku tidak terhindarkan. 


Guna melumpukan gerak pelaku, petugas mengambil tindakan tegas terukur dengan menembak dua orang tersangka di kakinya. Dari keterangan yang diperoleh dari para tersangka, mereka dikendalikan oleh seorang pelaku lainnya. Petugas secara sigap melakukan pengejaran terhadap orang tersebut dan berhasil mengamankan pelaku tersebut di daerah Jalan Lintas Duri – Dumai, Riau.


Penindakan yang telah dilakukan oleh petugas gabungan ini turut menambah daftar panjang kasus penyelundupan narkotika yang berhasil digagalkan oleh Bea Cukai. Hingga 03 Mei 2019, Bea Cukai telah berhasil melakukan 138 penindakan terhadap kasus penyelundupan narkotika dan psikotropika dengan berat total barang bukti mencapai kurang lebih 1,65 ton. 


Penindakan secara kontinyu dan masif yang dilakukan Bea Cukai dan BNN merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman narkotika. Bea Cukai berharap agar masyarakat dapat turut berperan aktif dalam menginformasikan kepada pihak yang berwenang jika menemukan kegiatan mencurigakan khususnya terkait peredaran narkotika.


Tulis Komentar

Data anda akan dirahasiakan!

Email dan data anda untuk keperluan bank data. Kerahasiaan data anda dijamin dan tidak akan dipublikasikan.
Kolom wajib diisi *