6 komentar 68 dilihat

US-Asean Business Council Meeting

Video Details

Kanal BC TV
Added by Kanal BC TV 18 Februari 2019

Jakarta (15/02) – Dalam rangka meningkatkan pemahaman atas prioritas dan inisiatif Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) pada tahun 2019 serta dalam rangka mendiskusikan upaya-upaya peningkatan kerja sama ekonomi antara Amerika dan Indonesia, Bea Cukai menerima kunjungan US-ASEAN Business Council (USABC) pada Jumat, 15 Februari 2019.
USABC merupakan asosiasi bisnis yang menaungi perusahaan-perusahaan asal Amerika yang beroperasi di kawasan ASEAN. Asosiasi ini sudah tidak asing lagi namanya bagi administrasi pabean di ASEAN karena telah rutin mengikuti konsultasi di berbagai forum kepabenan, seperti ASEAN Directors-General of Customs dan Coordinating Committee on Customs (CCC). Selain itu, USABC juga aktif melakukan engagement di berbagai forum lintas sektor di ASEAN, salah satunya di forum ASEAN Trade Facilitation Joint Consultative Committee (ATF JCC).
Dalam pertemuan kali ini, Bea Cukai menyampaikan kebijakan-kebijakan yang menjadi prioritas di tahun 2019, salah satunya tentang pengendalian impor atau ekspor barang yang diduga berasal dari hasil pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, dan mendorong agar perusahaan dapat memanfaatkan kebijakan tersebut. Selain itu, pada kesempatan ini Bea Cukai juga menyampaikan pemberlakuan PMK No. 210 tahun 2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan melalui Sistem Elektronik (E-Commerce) sebagai wadah dalam memudahkan pemenuhan kewajiban perpajakan bagi pelaku usaha perdagangan melalui e-commerce, dalam hal ini market place. 
Sebaliknya, selain membahas sejumlah isu teknis yang terkait perdagangan, USABC membagikan informasi terkait beberapa programnya yang diinisiasi di ASEAN, salah satunya penyelenggaraan kegiatan capacity building di bidang prosedur kepabeanan maupun penindakan untuk administrasi pabean ASEAN yang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pegawai bea cukai se-ASEAN, namun juga mempererat kolaborasi antara administrasi pabean dan sektor swasta. USABC juga menyampaikan komitmennya dalam mendukung program-program digitalisasi di Indonesia melalui inisiatif Country Digital Acceleration (CDA) yang berfokus pada lima area yaitu: pemerintahan digital, industri digital, BUMN digital, keamanan siber, dan inklusi digital. 
Bea dan Cukai pun mengapresiasi inisiatif-inisiatif maupun rekomendasi-rekomendasi yang digulirkan oleh USABC serta berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang semakin baik untuk para pengguna jasa. Diharapkan melalui pertemuan ini, baik Bea Cukai maupun USABC dapat saling meningkatkan kesepahaman dan membuka ruang-ruang kolaborasi yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian Indonesia.

6 komentar

  1. elise 19 Februari 2019

    I vote on the question or comment. I will also make comment if I feel my words contribute to the discussion and has not be completely duplicated by someone else's words. I am interested in all of the discussions, although I may not be able to post my opinions because my workplace and I have to wait until the end of the day to make my comment or provide an answer. angry birds

  2. hodkins 26 Maret 2019

    I am interested to participate with your discussion. Here you can get Best Tiktok Videos.

  3. Acacia hary 17 April 2019

    videos with lots of interesting and rewarding information. I am very happy that you shared this useful information with us. happy wheels

  4. Akki12 17 April 2019

    nice post.

  5. James Brown 09 Mei 2019

    I think this is one of the best blogs for me because this is really helpful for me. Thanks for sharing this valuable information for free fireboy and watergirl

Tulis Komentar

Data anda akan dirahasiakan!

Email dan data anda untuk keperluan bank data. Kerahasiaan data anda dijamin dan tidak akan dipublikasikan.
Kolom wajib diisi *